in

Kota yang Paling Nyaman Untuk Masa Pensiun Anda

Bagikan Artikel Ini

Ada yang mengatakan pensiun adalah kehidupan baru yang harus dijalani oleh setiap manusia. Pernyataan tersebut memang tidak salah, bila dilihat dari pengertiannya, pensiun merupakan masa istirahat dari segala bentuk pekerjaan berat.

Artinya, Anda sudah tidak harus memikirkan kantor, pekerjaan menumpuk, klien, atau karyawan bermasalah. Melainkan, mulai berpikir tentang keluarga, mengganti waktu yang sudah terbuang untuk bekerja, serta mengamati anak dan cucu.

Dalam mempersiapkan kondisi tersebut, beberapa orang memilih untuk pindah ke Kota Baru. Dengan suasana yang tenang, nyaman, dan damai. Tidak salah pedesaan serta pegunungan jadi pilihan paling tepat.

Menariknya, Indonesia mempunyai banyak kota yang biasa dijadikan tempat menikmati masa pensiun tersebut. Penasaran mana saja kawasan itu? Coba simak ulasannya secara lengkap di bawah ini.

Berastagi, Sumatera Utara

Pilihan pertama yang bisa direkomendasikan adalah Berastagi. Wilayah ini menjadi kota ke dua dengan jumlah kunjungan wisatawan terbanyak. Kondisi tersebut tidak mengherankan, karena lokasinya berada di daerah dataran tinggi.

Suasananya sangat sejuk, nyaman, dingin dan udaranya cukup bersih. Suhu dingin tersebut didapatkan karena, wilayah ini sendiri diapit oleh dua Gunung yaitu, Sibanyak dan Sinabung. Dengan kondisi Geografis semacam ini tidak salah bila terkenal sebagai penghasil buah serta sayuran terbaik.

Jadi, jangan takut kekuranan asupan makanan. Semua sudah tersedia, bahkan Anda juga bisa ikut menanamnya. Akses transportasi sudah banyak dan lengkap. Bahkan, jarak dari Kota Medan hanya 1 jam saja.

Akses jalan raya sudah bagus, begitu pula dengan kesehatan, hiburan, dan pasar. Semuanya sudah tersedia lengkap. Dari biaya hidup, Berastagi tergolong masih murah. Tidak salah dijadikan pilihan di masa tua nanti.

Daerah Istimewa Yogyakarta

Pilihan kedua jatuh kepada Daerah Istimewa Yogyakarta. Bukan hanya, untuk anak muda saja tetapi, kota ini juga sangat nyaman bagi lansia yang sudah pensiun. Suasananya sangat nyaman, tindak kejahatan tidak terlalu banyak.

Menariknya, unsur jawa masih sangat kental disini. Apalagi, mereka dipimpin oleh Sultan, dimana kebudayaan akan terus dijunjung penuh. Objek wisata sangat banyak, Mall tersedia, pasar bisa pilih sendiri.

Tinggal di sini rasanya sangat lengkap. Akses transportasi sangat mudah, ada pesawat, kereta api, bus dimana beberapa perusahaan menetapkan Yogyakarta sebagai destinasi utamanya. Sehingga, dapat dijangkau dari berbagai daerah.

Menariknya, tidak hanya tinggal di daerah perkotaan atau pedesaan semuanya sama-sama nyaman. Bagi yang suka menu makanan manis, Jogja dapat dijadikan rekomendasi menikmati masa pensiun Anda, karena semua kulinernya didominasi rasa manis.

Surakarta, Jawa Tengah

Pilihan selanjutnya adalah Surakarta atau sering disebut juga dengan Kota Solo. Tinggal disini, tidak kalah nyaman dengan Berastagi atau Yogyakarta. Menariknya, suasananya sangat sepi jadi, sangat cocok bagi Anda yang tidak suka keramaian.

Sarana hiburan sudah cukup lengkap, begitu pula dengan objek wisatawanya walaupun, tidak ada pantai. Menariknya tinggal disini adalah, hampir seluruh menu makanannya enak dan murah. Tidak keran, bila Solo sering dijadikan sebagai persinggahan.

Rasa sopan santun khas Jawa masih dijunjung tinggi. Jangan heran, bila seluruh orangnya sangat Ramah. Berbagai pergelaran tradisional dan modern selalu disajikan sebagai salah satu tontonan yang menarik.

Dari fasilitas kesehatan, pendidikan, sampai akses Transportasi semuanya mudah terjangkau. Menariknya lagi, Anda bisa mengembangkan usaha disini. Salah satunya adalah kamar kost yang pertumbuhannya semakin banyak.

Ubud, Bali

Pilihan terakhir yang dapat direkomendasikan adalah Ubud, bali. Dimana sensasinya jauh berbeda dengan suasana Pulau Dewata Lainnya. Tingkat agamanya masih sangat kental dan orang-orangnya sangat ramah.

Mereka juga mempunyai toleransi tinggi mengenai perbedaan. Udaranya segar dan menyenangkan bisa tinggal disini. Fasilitas umum yang diberikan sudah membuat Anda merasa sangat nyaman untuk menetap.

Masa pensiun pasti akan dialami semua orang. Mempersiapkan diri sejak sekarang adalah keputusan yang tepat. Karena, setelah melepas semua beban pekerjaan tersebut. Anda akan melihat keluarga dan kebahagiaan. jadi, mau tinggal dimana setelah pensiun nanti?