in

Pilihan Ikan Oscar Terbaik, Ikan Predator yang Dapat Dipelihara

Bagikan Artikel Ini

Salah satu jenis ikan hias yang bisa Anda pelihara adalah Ikan Oscar, merupakan salah satu predator buas yang hidupnya di sungai Amazon. Walau ganas, banyak kolektor ikan hias memburunya dan dijadikan sebagai salah satu hewan peliharaan di rumah. Hal ini dikarenakan bentuk tubuhnya yang bagus.

Corak warnanya cukup beragam sehingga, tampak menarik bila dimasukkan dalam salah satu aquarium di Rumah. Tenang saja, Ikan Oscar tidak terlalu agresif berbeda dengan piranha. Berikut ini beberapa rekomendasi jenis Ikan Oscar yang bisa Anda pelihara di rumah.

Tiger Oscar

Rekomendasi pertama adalah Tiger Oscar, sesuai dengan namanya memiliki sebuah pola yang cukup unik di kulitnya di mana hampir mirip dengan Harimau. Memiliki warna hitam, sementara pola tersebut adalah oranye atau merah, pada ujung tubuh ada yang memiliki garis hitam. Pertumbuhannya mencapai 30 sampai 40 cm.

Harganya sendiri bervariasi, untuk yang kecil Rp45 ribu sementara besar jauh lebih mahal yaitu,  Rp112 ribu. Sistem perkembang biakannya sudah cukup baik dibandingkan lainnya. Beberapa orang menyebutkan, jenis ini merupakan oscar alami.

Oscar Albino Tiger

Sebenarnya, ikan ini sendiri hanya punya satu spesies saja. Tetapi, perbedaan antara satu dengan lainnya ada corak serta warnanya. Ini pula yang mendasari para pencinta ikan hias memberikan mereka sebutan hingga nama. Termasuk jenis satu ini di mana hampir seluruhnya adalah putih.

Tetapi, punya corak warna oranye atau merah. Beberapa orang menyebutnya juga sebagai albino tiger. Ciri lain yang bisa dilihat adalah bagian siripnya memiliki warna abu-abu. Hanya saja pada bagian sirip insang bukan warna tersebut. Untuk harga anak mencapai Rp45 ribu sementara, dewasa bisa mencapai Rp200 ribu.

Selain corak oranye, albino sendiri juga punya warna lain yaitu merah atau disebut juga dengan Chili Red. Merupakan hasil dari perkawinan silang antara jenis albino dengan red sehingga, menghasilkan ikan yang punya corak sangat menawan. Bila sistem pencahayaannya tepat, Ikan ini akan terlihat sangat cantik.

Tidak heran bila jenis ini memiliki harga cukup tinggi paling murah saja Rp250 ribu sementara, nilai tertingginya ada di angka Rp700 ribu. Bagaimana siap untuk meminangnya? Dijamin, tidak akan rugi memasukkannya ke dalam aquarium Rumah.

Oscar Red Tail Bahia

Oscar Red Tail Bahia ini mempunyai corak warna paling cantik di antara semua jenisnya. Ciri utamanya adalah corak tubuh bervariasi sehingga terlihat sangat cantik dan menawan. Bola mata berwarna hitam, sementara di sisi luarnya tampak merah.

Warna dasar pada tubuhnya sendiri adalah hijau keabuan terdapat garis putih melintang dengan bintik berwarna merah atau orange. Untuk harganya sendiri masih belum dapat dikonfirmasi karena, merupakan jenis yang sulit untuk ditemukan.

Oscar Red

Jenis lainnya adalah Oscar Red di mana mempunyai beberapa sifat seperti, agresif dan super galak di antara semua jenis lainnya. Lebih menyukai makanan hidup dan masih segar dibandingkan mati. Warna dasarnya oranye hanya saja ada beberapa yang juga punya warna merah pekat.

Pada bagian ekor serta siripnya mempunyai warna hitam begitu pula dengan bagian kepalanya. Bisa mencapai 50 cm bila terus dipelihara sampai usia 10 tahun ke depan. Untuk harga anak di banderol dengan Rp45 ribu sementara, dewasa sendiri Anda dapat membelinya dengan harga Rp125 ribu.

Walaupun ganas dan agresif. Namun, jenis oscar ini masih nyaman untuk dipelihara hanya saja, Anda harus tahu bagaimana caranya memelihara serta perawatan setiap hari. Kalau Anda sendiri mau pilih Ikan Oscar yang mana?