in

Tips Berbelanja Tanpa Menggunakan Plastik

Bagikan Artikel Ini

Sampai saat ini penggunaan plastik masih jadi problematika di seluruh dunia. Dampak yang diberikan memang luar biasa terutama bagi rantai makanan makhluk hidup. Untuk hewan, bahkan sampai manusia.

Segala upaya sebenarnya, sudah dilakukan pemerintah dengan menambah uang Rp200 untuk pembalian kantong plastik. Sayangnya, upaya tersebut masih belum bisa menghindarkan kebiasaan tidak menggunakan kantong tersebut.

Sebenarnya, kenyataan tersebut tidak terlalu mengherankan. Karena, selama ini masyarakat sudah disuguhkan dengan berbagai macam bahan plastik. Dari segi industri memang pemakaiannya jauh lebih murah.

Oleh karena itu, untuk mengatasi dampak buruk dari penggunaan sampah tersebut. Harus dimulai dari diri sendiri. Sebenarnya, sudah ada teknologi namanya adalah Biogradable. Sayangnya, masih belum mampu memberikan efek berarti.

Lalu, bagaimana caranya menghindari penggunaan plastik tersebut? Memang sulit, hanya saja satu langkah kecil ini bisa berarti cukup banyak. Dimana menghemat penggunaan plastik untuk kantong belanja. Bagaimana tipsnya, coba simak di bawah ini!

Membeli Kantong Dengan Berbagai Ukuran Besar

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah menolak menggunakan kantong tersebut dan menggantinya dengan yang lebih ramah lingkungan. Memang, dari segi harga jatuhnya akan lebih mahal. Karena, satu kantong bisa Rp10 ribu sesuai ukuran.

Tetapi, perlu diingat, pemakaiannya bisa berkali-kali. Bahkan, untuk beberapa tahun asalkan tidak melebih batas beban tidak masalah. Coba bayangkan, kalau Anda membelinya. Mungkin, mahal harus membayar Rp20 ribu misalkan untuk yang besar.

Ditambah, beberapa untuk yang kecil jadi, totalnya mencapai Rp100 ribu. Coba dibandingkan dengan Anda setiap belanja membeli kantong. Rp200 jika dikalikan. Hasilnya jauh lebih murah membelinya.

Perbedaan terbesarnya ada pada harga yang ditawarkan. Untuk satu kali pembelian memang dirasa berat. Tetapi, setelah memakainya dan terasa manfaatnya pasti sangat cukup ringan. Apalagi, Anda membantu penyelamatan lingkungan.

Hindari Belanja Online

Inilah langkah paling sulit yang harus Anda penuhi dimana menghindari belanja online menjadi salah satu trik berbelanja tanpa plastik, mengapa? Karena, selama ini saat melakukan perbelanjaan melalui online.

Pengiriman pasti menggunakan plastik. Apalagi, di masa pandemi dimana akses manusia terbatas tidak bisa kemana-mana.  Kenyataan ini membuat Anda haru membeli semuanya secara online. Ditambah lagi banyak diskon bertebaran dan harganya murah.

Faktanya saat pengiriman barang datang, semuanya pasti tidak lepas dari plastik. Menghindari belanja online adalah langkah yang bijak. Cobalah cari di tempat online saja dan bawa kantong sendiri.

Memanfaatkan Bungkus Plastik

Jika, terlalu sulit menghindari berbelanja online. Mungkin, cara ini cukup bijak mengatasi permasalahan sampah. Dimana Anda bisa menggunakannya kembali. Misalnya, plastik pembungkus barang sangat besar.

Bisa digunakan kembali untuk berbelanja bahan kering berikutnya. Bila terlanjur basah apa boleh buat harus dibuang. Dengan begini, kesempatan plastik akan keluar kembali sangat tipis. Mungkin, tidak terlalu signifikan tetapi cukup bagus dalam mencegah terjadinya pencemaran lingkungan.

Pencemaran seperti ini memang harus diperhatikan oleh semua kalangan. Bukan hanya pemerintah saja. Anda juga wajib peduli bagaimana caranya mengurangi. Poin penting dari semua konsumsi yang ada adalah konsumen.

Bila seluruh pelanggan sudah pintar dan mengerti akan efeknya. Bisa jadi satu tahun kedepan plastik sudah tidak lagi digunakan karena, dari sisi usaha akan merugi. Tetapi, bila masih belum terkendali maka bisa saja, semakin parah pemakaiannya.

Tidak ada salahnya mengurangi konsumsi plastik dengan cara tidak menggunakannya saat berbelanja. Setidaknya hal ini akan mengurangi konsumsinya walau sedikit tetapi, efek cukup besar bagi lingkungan.