in

Tips Memilih Sepatu Sekolah Untuk Anak

Bagikan Artikel Ini

Tidak lama lagi, tahun ajaran baru akan segera di mulai. Waktunya putra-putri Anda kembali ke sekolah setelah sekian lama libur panjang. Rasa malas untuk kembali bertemu dengan Guru pengajar pasti ada.

Tetapi, ada tiga komponen utama yang membuat mereka semangat dan tidak sabar untuk segera menempuh pendidikan kembali yaitu seragam dan perlengkapan sekolah baru. Berbicara mengenai perlengkapan ada banyak sekali.

Mulai dari buku, tas, tempat pensil sampai sepatu. berbicara tentang sepatu memang cukup menarik. Berbeda dengan tas yang boleh beraneka warna dan corak. Misalnya saja, ada gambar barbie, atau kuda poni. Tetapi, kalau sepatu harus sesuai dengan aturan tidak boleh asal begitu saja.

Lalu, bagaimana tips terbaik membeli sepatu sekolah untuk anak. Coba simak beberapa langkahnya berikut ini.

Pilih Ukuran yang Sesuai

Poin pertama bukan masalah harganya berapa. Tetapi, ukuran kaki anak yang memang harus disesuaikan. Walaupun, harganya sangat mahal kalau memang terlalu besar atau kecil pasti tidak nyaman digunakan bukan?

Oleh karena itu, usahakan sesuaikan dengan kaki. Jangan sampai terlalu sempit, pastinya membuat kaki terasa sakit dan jangan terlalu besar berisiko tinggi mengganggu pertumbuhan tulang. Hingga, berbagai keluhan lain seperti, kaki kapalan sampai terkilir.

Jadi, mulai sekarang jauhkan pikiran kalau membelikan sepatu satu atau dua nomor lebih besar. Sehingga pemakaiannya bisa awet digunakan untuk jangka panjang. Usahakan buang jauh-jauh kebiasaan tersebut.

Memilih ukuran yang tepat sangat mudah, jaraknya harus 1 sampai 1,15 cm dari ujung jempol kaki anak. Jarak tersebut dinilai sangat tepat membuat mereka bisa aktif bergerak ke sana ke mari tanpa takut nanti kakinya akan sakit.

Lihat Aturan Sekolah Mengenai Sepatu

Poin kedua yang tidak kalah penting adalah melihat peraturan sekolah mengenai pemakaian sepatu ini. jenis mana yang boleh digunakan dan tidak boleh. Mulai dari tipe, warna, sampai ke model. Harus detail dan lengkap.

Misalnya saja, boleh mengenakan sepatu warna apa saja kecuali merah. Dengan begini Anda bisa membelikan anak semua jenis dan model serta warna. hitam mungkin. Atau bisa juga biru asalkan bukan merah.

Pilih Bahan yang Berkualitas

Pilihlah bahan yang benar-benar berkualitas. Semakin nyaman sepatu maka, aktivitas anak akan semakin leluasa. Mereka bisa bergerak ke mana saja tanpa khawatir kaki akan lecet atau sakit.

Usahakan memilih sepatu dengan bahan yang mudah menyerap keringat, saat dikenakan nyaman dan adem, tidak panas. Lihat pula bagaimana kondisi sirkulasi udaranya apakah ada lubang atau tidak. Bila perlu perhatikan seluruh sisinya.

Pastikan memiliki bantalan yang empuk sehingga, saat mendapatkan tekanan kaki tidak keras dan terasa pegal. Pilih dengan material karet berkualitas, sehingga saat digunakan tidak terasa licin.

Perhatikan pula saat pembelian, usahakan membelinya saat siang hari atau sore. Karena, dua waktu tersebut kondisi kaki akan membesar. Jadi, posisinya jauh lebih besar dibandingkan waktu malam. Hal ini terjadi karena, saat siang kaki banyak gerak dan pengaruh sinar matahari pula.

Langkah terakhir adalah pilihlah minimal dua sepatu. Terutama saat musim penghujan tiba. Jika, satu sepatu kehujanan dan basah besok pagi tidak kering. Anda masih punya satunya lagi dengan begini tidak akan panik karena, sepatu masih basah.

Aktivitas memilih kebutuhan sekolah ini memang diperlukan bukan hanya sebagai dorongan agar anak mau kembali ke sekolah. Melainkan, sebagai fasilitas supaya dalam menempuh pendidikan berjalan lancar serta menghindari cidera yang tidak diinginkan.