in

Tips Memilih Tangki Air yang Bagus Untuk Rumah

Bagikan Artikel Ini

Bagi kebutuhan Rumah tangga, air adalah hal paling penting yang wajib diperhatikan. Kebutuhannya sangat banyak terlebih bila satu rumah punya lebih dari 5 anggota keluarga/ Solusi terbaik adalah menggunakan tandon atau tangki air.

Menurut pengertiannya, tangki air merupakan tempat untuk menyimpan air yang biasanya ditempatkan pada atap rumah. Atau tempat kosong agar tidak mengganggu aktivitas lainnya. Karena, ukurannya yang cukup besar.

Paling kecil kurang lebih 250 liter kemudian, untuk yang paling besar ada 1100 liter. Apakah semua jenis dan mereknya sama kualitasnya? Tidak, oleh karena itu, simak penjelasan secara lengkap bagaimana cara memilih tangki air untuk kebutuhan Rumah Tangga Anda.

Memilih Jenis Torren Air

Langkah pertama yang harus diperhatikan adalah memilih jenis Torren Air. Dipasaran Anda akan dihadapkan pada tiga pilihan sesuai dengan bahannya. Di mana ketiganya punya berbagai kekurangan.

Fiberglass :

  • Tidak tahan dengan sinar UV karena, akan mengalami akan mengalami oksidasi jadi, usahakan menempatkannya di tempat yang teduh
  • Dinding dari fiberglass mudah keropos dan sulit untuk diperbaikki jadi, harus menggantinya.

Stainless Steel :

Kelebihan dari tangki ini adalah tidak akan tembus oleh sinar matahari sehingga, kemungkinan ditumbuhi lumut sangat kecil. Dari tampilan tampak lebih mewah dan ekslusif. Kemudian, kelemahannya adalah

  • Mudah terjadi korosi, jadi hati-hati saat menaruhnya, jangan ditempat yang lembab
  • Biaya perbaikannya cukup mahal
  • Jika, nanti terjadi kebocoran pada dinding maka akan sulit untuk diperbaikki

Plastik :

Biasanya, tipe ini lebih sering dimiliki oleh penduduk Indonesia karena, dijual di pasar. Keunggulan dari bahan seperti ini adalah tipenya elastis sehingga, tahan terhadap benturan. Sayangnya, terlihat seperti murahan.

Lihat Dulu Kebutuhan Kapasitas Tangki Air

Langkah selanjutnya adalah mengetahui berapa kebutuhan kapasitas tangki Anda. Apakah mau yang kecil dengan harga relatif murah. Atau pilih besar sehingga, lebih menghemat penggunaan listrik.

Kapasitas ini juga berpengaruh besar terhadap luas Area Anda. Jadi, lebih disarankan lihat dulu tempatnya. Lalu, sesuaikan sama saja kalau sudah terbeli tetapi, tidak punya tempat hingga, akhirnya ditaruhnya sembarangan

Perhatikan Merek Serta Harganya

Setelah tahu mau memilih kapasitas seberapa dan dimana meletakkannya. Saatnya Anda survei untuk merek serta berapa harganya. Perlu diketahui bahwa, setiap merek pasti punya kelebihan serta kekurangan masing-masing.

Cari tahu lebih bila perlu sampai detail. Terutama soal ketahanannya, misalnya memilih fiberglass. dengan segala kekurangan tersebut. Anda dapat tanya kepada penjual kira-kira bisa tahan berapa lama.

Jika, terlihat panjang, kurangi saja 2 tahun sebagai asumsi perkiraan. Misalnya 10 tahun jangka dari penjual. Tidak ada salahnya dikurangi 2 jadi hanya mampu bertahan 8 tahun saja. Sudah cukup bagus untuk tangki air.

Jangan terburu-buru dalam memilih lihat pula apakah fasilitas tersebut didukung dengan harga murah atau tidak. Dengan begini, Anda tidak akan pernah merasa rugi sudah membelinya.

Usahakan pula membelinya di tempat yang terpercaya. Bisa melalui online tetapi, pilih yang sudah memberikan berbagai macam kualitas bukan hanya sekedar janji semata. Jangan lupa sebelum menggunakannya dibersihkan terlebih dulu.

Bersihkan semua bagian terutama bagian dalamnya. Lalu, pasang dengan hati-hati. Set bola sesuai dengan kebutuhan. Apakah harus dibawah sekali atau di posisi nomor dua. jadi, nantinya akan sering hidup.

Memilih tangki air ini memang tidak mudah hanya saja juga tidak terlalu sulit. Tetapi, jangan sembarangan karena, juga berpengaruh pada kualitas air kedepannya. Baik untuk mandi atau untuk air minum.