in

Tips Mudah Belajar Online di Masa Pandemi

Tips Mudah Belajar Online di Masa Pandemi
Foto: Julia M Cameron/Pexels
Bagikan Artikel Ini

Sudah tidak terasa tahun 2020 akan berakhir, rasa-rasanya baru beberapa hari yang lalu kita merayakan tahun baru. Ya, begitulah memang waktu, terkadang terasa berjalan begitu cepat tak menentu. Berbicara soal tahun 2020, boleh dibilang tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, bahkan mungkin baru kali ini kita merasakannya, masa di mana kehidupan sosial manusia berubah drastis, termasuk kegiatan belajar mengajar. Semua tak lain dan tak bukan disebabkan oleh pandemi virus Covid-19, virus yang berasal dari daratan Wuhan, China, dan kemudian menjalar ke berbagai penjuru dunia.

Foto: republika.co.id

Demi mencegah penularan lebih lanjut, kehidupan manusia menjadi berjarak, kegiatan belajar mengajar pun dilakukan tanpa tatap muka, hanya mengandalkan aplikasi untuk belajar secara daring atau online. Padahal, pembelajaran secara online tak seefektif ketika bertatap muka secara langsung antara guru dan murid. Tapi tak ada lagi yang bisa dilakukan, kecuali melakukan pembelajaran online demi mematuhi protokol kesehatan. Jadi, mau tidak mau kita harus mencari cara untuk memaksimalkan belajar online, agar kuota internet tak terbuang sia-sia. Nah, berikut ada beberapa tips mudah untuk belajar online di masa pandemi.

1. Siapkan Ruang yang Nyaman

Foto: idntimes.com

Belajar akan lebih efektif jika anda melakukannya di ruangan yang nyaman, karena otak akan lebih fokus menerima materi, dan hal itu sudah dibuktikan oleh berbagai penelitian ilmiah. Ruangan yang nyaman juga tidak harus selalu baru, karena ruangan yang kondusif jauh dari keramaian, bersih, dan yang tertata rapi juga bisa menciptakan suasana yang nyaman untuk belajar online. Jadi, sebelum belajar alangkah baiknya rapikan dan bersihkan kamar terlebih dahulu. Bagi yang memiliki jiwa seni, Anda juga bisa menambahkan dekorasi untuk mempercantik ruangan, misalnya dengan menambahkan bunga plastik di sudut meja belajar.

2. Pastikan Koneksi Internet Stabil

Foto: beritasatu.com

Setelah memiliki ruangan yang nyaman, selanjutnya adalah memastikan bahwa Anda memiliki koneksi internet yang stabil. Namanya juga belajar online, pastinya juga tidak bisa jauh-jauh dari yang namanya internet. Tapi juga tidak perlu terlalu kencang, yang penting stabil, sehingga saat pembelajaran online yang dilakukan secara video conference, gambar dan audionya tidak putus-putus. Untuk mendapatkan koneksi internet yang stabil. Disarankan memasang internet kabel dibanding menggunakan kuota berbayar. Lebih hemat juga menjadi nilai plus, karena bisa digunakan anggota keluarga yang lain.

3. Gunakan Headset atau Earphone

Foto: rencanamu.id

Selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah menggunakan headset atau earphone dalam proses pembelajaran online. Dengan kedua alat tersebut, suara lain yang ditimbulkan di sekitar ruangan Anda menjadi tak terdengar, sehingga bisa lebih fokus dalam menyimak materi yang diberikan.

4. Buat Catatan

Foto: idntimes.com

Meskipun belajar secara online, tapi yang namanya membuat catatan materi juga tetap penting. Dengan catatan, Anda tidak perlu mengeluarkan kuota atau memakai internet kembali untuk mereview materi yang didapatkan sebelumnya. Apabila malas, opsi terakhir adalah dengan screenshot atau screen record pada materi pembelajaran yang dianggap penting. Jadi kalau lupa, Anda tinggal lihat gambar hasil screenshot atau memutar ulang video hasil screen recorder.

5. Sediakan Cemilan dan Minuman

Jika biasanya Anda ditemani dengan teman dan guru dalam proses pembelajaran, di masa pandemi seperti saat ini, terutama saat melangsungkan pembelajaran secara online, tentunya Anda tidak akan lagi memiliki teman. Semua terpisah secara jarak, semua hanya terpaku menatap layar. Nah, untuk menghilangkan kejenuhan dalam proses belajar online, Anda bisa menyiapkan makanan atau minuman sebagai ‘teman’ belajar.