in

Begini Cara Merawat Sekaligus Membersihkan Bahan Kain Suede

Bagikan Artikel Ini

Bahan pembuatan sepatu menjadi hal paling utama dalam menentukan kenyamanan setiap orang dalam mengenakannya. Salah satu bahan yang harus Anda pilih adalah Suede. Di mana pembuatannya menggunakan berasal dari Kulit Hewan Asli.

Tidak heran bila banyak orang berburu sepatu dan tas yang bahan pembuatannya terbuat dari Suede. Sayangnya, Anda harus melakukan perawatan yang baik agar bahan tersebut memberikan kenyamanan selalu.

Caranya, bisa mencoba menggunakan spray pelindung. Di mana cara kerjanya sebenarnya tidak jauh berbeda dengan Anda yang mengenakan tabir Surya saat keluar di tengah terik Matahari. Tidak jauh berbeda dengan Suede.

Jenis ini juga perlu perlindungan gunakan saja spray ke berbagai sisi. Tidak perlu banyak-banyak cukup sedikit saja. Dengan begini, sepatu Anda akan terbebas dari kotoran, debu, hingga noda yang menempel.

Jangan lupa sebelum dan sesudah disemprot usahaan untuk di sikat terlebih dulu secara perlahan. Nah, untuk menyikatnya sendiri gunakan saja bahan yang lembut. Sehingga, tidak merusak seluruh strukturnya.

Noda Membandel Bereskan Saja Dengan Cuka Putih

Setiap Anda pergi ke suatu tempat pasti tidak lepas dari yang namanya noda membandel seperti, kopi, teh atau makanan lainnya.  Sangat langsung disikat, karena akan merusaknya, cukup diberi saja cuka putih.

Selanjutnya, gunakan kain atau handuk kecil agar noda tersebut tampak menghilang. Sayangnya, penggunaan tersebut tidak dapat hanya satu kali saja. Gunakan beberapa kali sampai benar-benar bersih.

Kecuali, bila setelah terkena Noda langsung dibersihkan pasti tidak butuh banyak cairan terlalu banyak. Walaupun, dijamin efektif nantinya tetap akan ada efek samping tersendiri oleh karena itu tetap hati-hati dalam penggunaan.

Jangan Menggunakan Air

Salah satu hal yang akan memperburuk keadaan dari Suede Anda adalah membersihkannya menggunakan air. Bisa saja mulai dari warna dan kualitasnya akan berkurang drastis. Lebih baik membersihkannya cukup gunakan kain saja.

Bila terkena nodal membandel dan Anda tidak membawa cuka. Usahakan untuk memakai kain saja dan tepuk-tepuk pada bisa terabut. langkah terakhir tutup menggunakan bedak. Cobalah sikat keesokan harinya.

Dengan begini, semuanya akan menjadi bersih dan serat pada Suede tetap aman terjaga. Khusus untuk sikat harus lebih disarankan sikat gigi memiliki tekstur yang sangat halus dengan begini, perawatan terhadap jenis Suede akan berjalan lebih baik.

Lakukan Perawatan Rutin Ke Ahlinya

Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan dalam melakukan perawatan dengan membawanya langsung ke para ahli. Di mana, mereka paham benar bagaimana caranya untuk memperlakukan sepatu Anda.

Mulai dari mencuci sampai dengan mengeringkan, dengan begini akan selalu baru setiap saat. Hanya saja perlu diperhatikan bahwa membawanya ke tempat ahli pasti perlu biaya tidak sedikit dan cukup banyak.

Cara Menyimpan Kain Bahan Suede

Setelah tahu, bagaimana caranya membersihkannya. Anda juga harus tahu bagaimana cara merawatnya terutama soal bagaimana tempat yang tepat untuk meynimpan sepatu ini. Mulai dari suhu sekitar tidak boleh terlalu panas/

Usahakan selalu dalam keadaan sejuk, serta perhatikan dengan benar kelembapan dalam ruangan tersebut. Selain itu, usahakan untuk menghindarinya dari berbagai macam bahan kimia yang membuat warnanya bisa pudar.

Membersihkan dan Merawat Sepatu atau kain jenis Suede memang tidak mudah. Karena, ketahanannya memang sedikit kurang. Tetapi, bukan berarti tidak mungkin bukan? Lakukan secara seksama dan jangan asal.

Ketahanan dari Suede sendiri sebenarnya memang kurang bagus bahkan, cenderung lemah jadi, usahakan untuk memberikan perhatian khusus, terutama soal ruangan penyimpanannya. Agar selalu tampil baru setiap hendak digunakan.