in

Inspirasi Model Kebaya Adat yang Bisa digunakan Kondangan

Bagikan Artikel Ini

Kondangan merupakan acara resmi yang harus Anda kunjungi. Terkadang bingung bukan, mau memakai apa saat datang ke sana. Coba saja menggunakan kebaya adat yang sederhana tetapi, saat digunakan sangat elegan. Mungkin terkesan tradisional dan kuno. Tetapi, hal seperti itu yang akan memancarkan pesona lain dari diri Anda.

Tetapi, saat memilihnya jangan hanya asal. Banyak perempuan keliru dalam memilih kebaya adat ini. Sehingga, penampilannya terlihat kuno dan biasa saja. Agar terkesan anggun dan aura keibuan ada. Tidak ada salahnya menggunakan kebaya adat Bali. Dari segi busana dan seluruh perangkatnya sangat sederhana.

Potongan siluetnya harus pas dengan bentuk tubuh. Saat dikenakan akan terlihat lebih slim hingga proposional. Ada juga senteng yang akan diikat pada bagian pinggang. Salah satu keunggulan dari Pakaian pulau dewata ini adalah secara keseluruhan warnanya sangat cerah. Dengan riasan yang tepat bukan tidak mungkin, Anda akan jadi pusat perhatian.

Jumputan Khas Jawa

Sejak dulu,  jumputan khas jawa selalu memberikan kesan elegan khas putri kerajaan. Desain dan warnanya memang sedikit lebih tua. Tetapi, saat dikenakan ke kondangan membuat Anda sedikit berbeda. Jika dulu, metode yang digunakan adalah ikat celup. Seiring berjalannya waktu kebaya tersebut sudah berkembang pesat.

Salah satunya dengan corak atau motif jauh lebih modern. Bisa disesuaikan dengan gaya kaum milenial masa kini. Tidak hanya itu saja, dari segi desain serta perpaduan warnanya juga mengalami perubahan. Walaupun, tidak meninggalkan kesan sebagai baju khas putri raja. Jadi, sangat cocok dikenakan untuk berbagai macam acara baik resmi atau non resmi.

Kebaya Adat Khas Betawi

Inspirasi lainnya adalah kebaya khas Betawi dimana menggunakan teknik pemotongan yang sederhana. Saat dikenakan tidak terlalu ketinggalan jaman tetapi, sangat modern dan dinamis. Kesan simple yang ditunjukkan justru menjadikannya sebagai inspirasi baru. Cukup rias sedikit pada bagian wajah serta kenakan sedikit aksesoris saja.

Penampilan Anda layaknya seperti None betawi yang cantik jelita. Jangan hanya memberikan warna pada atasannya. Berikan pula untuk bagian bawahannya. Tidak ada salahnya mengenakan rok motif tradisional. Kemudian, bawa saja tas mini. Dengan tampilan rambut disangggul, atau boleh digerai.

Kain Songket dan Ulos

Indonesia memang dikenal sebagai negara yang punya banyak sekali kebudayaan. Menariknya, hampir setiap kota punya ciri khas sendiri-sendiri. Selain itu, hampir semuanya disukai oleh wisatawan mancanegara. Salah satunya adalah Songket dan Ulos. Saat Anda mengenakannya untuk kondangan, rasanya cukup cocok.

Sentuhan kainnya yang dihasilkan ini memang tampak berbeda dari lainnya. Tidak heran, bila inspirasi ini jadi yang paling sering dikenakan oleh kebanyakan orang. Biasanya mereka akan jadi pusat perhatian karena motifnya memang elegan tetapi, tidak lepas akan unsur kemewahan.

Tidak perlu banyak mengenakan aksesoris. Semakin sederhana, perpaduan keduanya ini semakin menarik untuk dipandang. Tata rias wajah cukup disesuaikan saja dengan begini, kondangan Anda akan terasa spesial. Tidak hanya tema modern saja. Klasik dan tradisional sebenarnya juga tidak kalah menariknya.

Kebaya Kutu Baru

Kebaya model ini bisa juga dijadikan sebagai bagian dari inspirasi untuk kondangan. Dimana, ada ciri khas utama yaitu penambahan kain di bagian tengah. Namanya adalah bef menghubungkan bagian kanan dan kiri. Sebenarnya, desainnya lebih modern hanya saja cukup menarik untuk dikenakan.

Menjadi salah satu model minimalis yang cocok untuk berbagai macam kegiatan. Jadi, tidak hanya acara kondangan saja. Melainkan, untuk acara pertemuan keluarga besar atau untuk kunjungan ke rekan bisnis dan kerja. Serta banyak kegaiatan lainnya. Desain minimalis ini membuat banyak orang menyukainya.

Kebaya adat sekarang memang jauh lebih modern. Sepertinya, mereka tahu bahwa baju juga harus mengikuti perkembangan zaman tanpa harus mengurangi unsur tradisionalnya. Bagi siapa saja, mengenakan kebaya pasti akan terlihat anggun. Apalagi, jenis ini merupakan idntitas negara sejak dulu. Selamat mencoba!