in

Tips Menyetrika Baju Agar Rapi dan Harum Seperti Habis Laundry

Bagikan Artikel Ini

Menyetrika baju menjadi sebuah pekerjaan Rumah yang membosankan. Beberapa orang malas melakukannya karena, susah sebenarnya mudah. Hanya saja, Anda butuh tingkat ketelitian yang tinggi.

Karena, aktivitas ini akan mempengaruhi penampilan Anda secara keseluruhan. terutama bagi pegawai kantor, kerapian adalah faktor utama yang harus diperhatikan lebih. Ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan sebelum menyetrika.

Pertama adalah melihat dulu bahan dari kaos tersebut. Perlu diingat, bila ada cetakan sablon usahakan jangan menyetrikanya dengan penambahan kain halus. Jangan langsung, bisa mengakibatkan lengket hingga, setrika Anda jadi rusak dalam jangka panjang.

Selanjutnya adalah papan setrika, sangat penting diperhatikan. Usahakan menggunakan alumunium foil dengan begini, panasnya merata. Kemudian, lebih dianjurkan memakai setrika uap dibandingkan dengan biasa.

Poin penting berikutnya adalah menggunakan pelembut pakaian.  Hal ini membuat pakaian jadi lebih lembut dan mudah untuk disetrika. Perlu diingat, semakin mudah makan waktunya juga semakin cepat.

Cara Menyetrika Pakaian

Cara pertama yang harus dipahami adalah melihat instruksi yang ada pakaian. Mohon perhatikan dengan benar, agar pakaian tidak rusak dan tetap awet. Kemudian, pisahkan baju, mana yang mempunyai kain tebal dan tipis.

Kain tebal membutuhkan daya listrik yang tinggi. Secara otomatis, pemakaian listrik juga akan semakin banyak. Lebih baik urutkan dari yang tebal menuju kecil sehingga, biayanya jauh lebih murah bila kondisinya di balik.

Perhatikan pada bagian bawahnya usahakan agar selalu bersih. Terutama saat Anda menggunakan jenis uap. Karena, kotoran yang menempel akan menimbulkan perbedaan material. Sehingga, panas yang dihasilkan jadi tidak rata.

Setelah selesai disetrika, jangan langsung dilipat lebih baik digantung saja terlebih dulu. Baru, dalam keadaan dingin dilipat. Dengan begini hasilnya jauh lebih baik. Terasa lebih rapi saat nanti dikenakan.

Langkah Menyetrika Pakaian yang Benar

Ada beberapa langkah yang harus Anda perhatikan dalam menyetrika agar jadi lebih rapi dan bagus seperti, saat laundry. Untuk kaos, cobalah bentangkan ke seluruh tempat. Setrika pada bagian belakang terlebih dulu.

Kemudian, menuju ke lengan. Berikan sedikit tenaga bila memang kainnya sedikit tebal dan berat. Lalu, di balik untuk menyetrika bagian depan. Jika, terdapat sablon lebih bai, gosok seperlunya saja.

Tunggu, beberapa menit lalu mulai dilipat. Selanjutnya, celana pendek. Bahan yang digunakan biasanya jauh lebih tebal dibandingkan jeans. Oleh karena itu, penggunaan setrika dengan suhu tinggi sangat disarankan terlebih lagi uap.

Pasti akan sangat membantu membuatnya menjadi halus. Bentangkan celana, lalu rapikan terlebih dulu bagian dalamnya. setrika bagian saku kemudian, area luar dibalik ke bagian pinggang sampai dengan bawah.

Jika, mempunyai kaos kaki usahakan untuk tidak menyetrikanya. Bila memang harus gunakan suhu rendah saja. Panas setrika membuat kainnya akan rusak dan warnanya berubah menjadi kusam.

Hati-Hati Dalam Menyetrika

Tidak bisa dipungkiri bila pekerjaan ini memang cukup menyulitkan karena, tidak bisa sembarangan begitu saja dilakukan. Oleh karena itu, Anda harus hati-hati, jangan terlalu menekannya atau menggunakan temperatur sangat panas.

Bisa saja, warna pada pakaian akan kusam. Jadi, perlahan saja tetap menggunakan suhu panas. Saat setrika harus urut. Tambahkan pelicin, agar bau harum terasa. Dalam memilihnya tidak boleh sembarangan pula.

Karena, bau wangi yang menyengat membuat pakaian terasa kurang nyaman dikenakan. Terlebih bila bertemu banyak orang. Hampir semua pewangi memiliki bau cukup menyengat. Jadi, hati-hati.

Cara menyetrika dengan benar memang harus diperhatikan. karena, semakin baik Anda menyetrika, seluruh pakaian akan jauh lebih awet dari sebelumnya. Selamat mencoba!