in

Bisnis Kue Kering Khas Lebaran, Begini Tipsnya.

Bagikan Artikel Ini

Bulan Ramadhan selalu identik dengan puasa, lebaran dan kue kering. Salah satu santapan khas yang tidak boleh ketinggalan. Saat berkunjung ke berbagai rumah, Anda pasti akan menemui berbagai sajian dan kreasinya.

Karena, kebutuhan pasar sangat besar untuk kue kering membuat beberapa orang mencoba peruntungannya dengan menjalankan bisnis/ Saking laris manis saat ini banyak pesaing mencoba peruntungan pula.

Apalagi, pandemi seperti ini banyak orang mencoba mencari tambahan biaya agar dapat melangsungkan kehidupannya. Lalu, bagaimana caranya agar Anda dapat bersaing dengan kompetitor lainnya? Terutama, bagi Anda yang baru saja menjalankan usaha ini. Coba simak tipsnya di bawah ini

Lakukan Inovasi Kue Kering terlebih Dulu

Salah satu cara untuk memulai bisnis ini adalah melakukan inovasi. Kue kering sendiri ada banyak macamnya misalnya, kastangle atau nastar. Tinggal pilih sendiri mana yang Anda inginkan. Tetapi, sebelum melakukan pilihan coba lakukan riset dulu.

Bisa melalui chat grup atau melalui media sosial. Mana yang banyak bisa menjadi utama. Atau mencoba semua jenis saja. Tetapi, jangan mainstream yang itu-itu saja. Cobalah untuk berkreasi sedikit,

Misalnya, nastar tersebut biasanya berisi nanas. Coba Anda ganti dengan strawberry atau cokelat. Sebenarnya, inovasi ini sudah dilakukan oleh salah satu brand kue kering yang diproduksi dalam kemasan.

Sampai saat ini banyak juga peminat dan juga pembelinya. Belajar dari hal ini Cobalah melakukan kreasi. Tetapi, usahakan melakukannya jangan hanya satu. Langsung saja banyak. Contohnya, nastar ada isi melon, keju, susu, serta strawberry.

Cobalah untuk membuat semuanya setidaknya lebih dari satu toples. lalu, coba berikan kepada orang dan lihat bagaimana kata-kata mereka. Apakah bagus, nikmat, atau ada yang harus dibenahi.

Begitu pula dengan kastangle, pasti ada kreasi yang bisa dilakukan. Tetapi, pakemnya jangan ditinggalkan. Untuk isi nanas, usahakan tetap dipertahankan dan jumlahnya tetap diperbanyak dari jumlah lainnya.

Manfaatkan Platform Toko Online

Hal paling penting dalam bisnis adalah bagaimana caranya menjual. Saat ini ada banyak toko online yang sudah bertebaran. Mulai dari E-commerce, sampai media sosial lainnya. Manfaatkan seluruhnya.

Pelajari secara detail dan mendalam tentang penggunaan platform tersebut. Mulai dari cara upload kebiasaan toko yang mampu menjual banyak produk sampai bagaimana caranya untuk mencairkan dana.

Hal tersebut sangat penting dilakukan sebagai salah satu langkah melakukan promosi. Jadi, jangan lewatkan 1 saja ya. Usahakan pula mendaftar di platform ojek online serta antar barang dan jasa lainnya.

Walau, sifatnya musiman bukan berarti peluang tersebut harus dibiarkan begitu saja. Perlu diingat, rezeki bisa datang dari mana saja. Dengan membuka akses seluas-luasnya membuat peluang terjual semakin besar.

Kemasan Dan Masa Kadaluarsa

Hal selanjutnya yang harus diperhatikan adalah kemasannya bagaimana, jangan sampai hanya biasa saja. Tetap sederhana hanya saja terlihat mewah dan unik. Jangan lupa pastikan rasanya pas. Saat semua orang menikmati kue tersebut mereka tidak akan merasa rugi untuk menyantapnya.

Jangan lupa menempelkan nama toko atau usaha Anda berserta kontak. Minimal ada alamat media sosial sehingga, saat mereka ingin menikmati lagi dapat langsung menghubungi alamat tersebut. Kemudahan ini, juga jadi bahan pertimbangan banyak orang untuk membeli sebuah produk.

Poin penting kedua adalah menentukan kapan kadaluarsa produk tersebut. Batas konsumsi untuk sebuah makanan sangat penting. Jadi, cantumkan di dalam kemasan agar semua orang tahu dan mengerti. Tetapi, bila cita rasanya nikmat sebelum batasnya pasti sudah habis duluan.

Kue Kering memang jadi salah satu ladang bisnis paling populer saat bulan Ramadhan tiba. Hanya saja, perhatikan inovasi mulai dari rasa sampai kemasannya. Jangan sampai kalah bersaing karena, masih mengandalkan pakem masa lalu. Perlu diingat, kemenangan dalam bisnis dalam mereka yang mampu memanfaatkan peluang dan selalu berinovasi.