in

Hati-Hati! Modus Baru Dari Berbagai Pinjol Ilegal

Bagikan Artikel Ini

Pinjaman online saat ini mulai tumbuh dan berkembang. Pilihannya cukup banyak dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan. Tetapi, tidak semua legal dan mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan untuk menjalankan aktivitasnya.

Oleh karena itu, Anda harus hati-hati sejak sekarang dan jangan mudah tergiur dengan berbagai macam penawaran yang terkesan menarik. Perlu diingat para penipu ini pasti memberikan persyaratan yang mudah dan terkadang tidak masuk akal.

Dengan begini, setiap orang akan terkena jebakan batman dan untuk keluar dari sana teramat sulit. Karena, sistem yang mereka gunakan mengikat. Berikut ini modus yang sering digunakan Pinjol ilegal untuk mendapatkan nasabah. Perhatikan dengan benar Agar tidak tertipu!

Pesan Dengan Tulisan Aneh

Saat ini fitur Blast atau pengiriman secara cepat dan banyak ke semua nomor sudah sering digunakan. Bukan hanya untuk promosi saja tetapi, layanan masyarakat juga digunakan. Menariknya, pinjol ilegal juga mengadopsi cara tersebut.

Tetapi, ada beberapa yang mengirimnya menggunakan bahasa yang aneh. Misalnya saja, mengganti huruf A menjadi angka 4, atau I menjadi 1 begitu seterusnya. Jika, mendapatkan pesan seperti ini lebih baik hindarkan saja.

Hanya saja kalau Anda merasa terganggu karena, jumlahnya memang banyak dan terkirim beberapa kali. Anda bisa melaporkannya ke pihak kepolisian atau langsung ke customer Service OJK.

Selain bahasa yang aneh, biasanya mereka menggunakan pesan hanya dengan nomor saja. Bukan nama institusi terkait. Perlu diingat, perusahaan legal pasti akan memberikan situs link yang terpercaya dan dapat dibuktikan. Bukan hanya blog gratisan dan isinya mencurigakan.

Bunga Pinjaman Rendah

Pinjaman dari pinjol memang sangat tinggi. Setidaknya 30% per tahun, angka ini sebenarnya bukan karena alasan. Pihak pinjol harus punya berbagai fasilitas lain dengan memanfaatkan bunga besar tersebut.

Jadi, bukan semata-mata ingin mendapatkan keuntungan besar semata. Tetapi, angka itu sudah diketahui oleh OJK. Untuk perhitungan per hari sekitar 0,8%. Jadi, kalau ada yang mengaku bisa memberikan bunga 1% per bulan lebih baik hati-hati.

Bisa saja mereka menipu dengan karena, biasanya saat ditanya tidak ada kejelasan. Pinjam berapa, saat mencicil sudah dapat berapa. Mana buktinya dan masih banyak lagi sehingga, Anda akan terjerat didalamnya.

Bahkan, mereka akan menawarkan untuk menambah lagi dan lagi. Tetapi, tanpa diketahui sebenarnya, bunga sudah ditambahkan. Bisa jadi, 10% per bulan dan Anda tidak mengetahuinya. Jadi, hati-hati dan jangan tergiur dengan janji atau penawaran apa saja dari mereka.

Meminta Imbalan Tambahan

Hati-hati kalau ada instansi yang meminta biaya tambahan agar uang yang sudah dipinjam dapat cair. Hal seperti ini sudah pasti menipu karena, dalam prosesnya seharusnya tidak ada biaya tambahan.

Kalau ada mungkin, karena perbedaan bank. Itu kurang dari 7 ribu, biasanya sudah ditanggung oleh pihak fintech. Jadi, bila ada biaya tambahan lebih baik batalkan saja transaksinya. Jika, mereka sulit untuk proses pembatalan laporkan saja ke pihak berwajib.

Sebelum melaporkan Anda harus mengumpulkan dulu semua buktinya. Misalnya, Anda di teror dengan terus mendapatkan telepon. Angkat dan rekam semua pembicaraan tersebut. Setidaknya, sampai 3 atau 4 kali.

Jika dilakukan melalui sms, kumpulkan semuanya dan jadikan satu folder. Lalu, buka situs OJK dan langsung ke form pengaduan. Dengan begini, Anda akan terbebas dari jeratan pinjol ilegal. Usahakan untuk berhati-hati kemudian hari.

Kebutuhan memang sangat mendesak apalagi, kondisinya memang tidak menentu. Pinjol dapat dijadikan solusi kedua jika, semua jalan memang sudah tertutup. Tetapi, jangan sampai salah pilih dan tergiur dengan bunga yang ada. Pilih saja yang sudah ada atau buka situs OJK dan cari tahu sendiri mana saja yang sudah mendapatkan izin.