in

Kelebihan dan Kekurangan Dari Internet Banking

Bagikan Artikel Ini

Zaman sudah berkembang pesat, hampir semua kegiatan dapat dilakukan secara online. Termasuk aktivitas perbankan. Dengan menghadirkan Internet Banking, saat ini hampir semuanya memberikan layanan tersebut dan disambut baik oleh nasabah.

Aktivitas seperti cek saldo, buka rekening baru, melihat mutasi rekening sampai pembukaan deposito dan pengambilan uang tunai dapat dilakukan dengan mudah. Tidak perlu lagi kertas atau antri di Teller.

Dari segi waktu jadi lebih cepat dan jaminan keamanan transaksi juga tinggi. Karena, menggunakan kode OTP sebagai tanda bahwa, aktivitas tersebut memang Anda yang melakukannya, bukan orang lain.

Menariknya lagi, Anda akan dimanjakan dengan berbagai macam fasilitas pembayaran. Mulai dari Listrik, Pajak, sampai cicilan tanpa harus keluar dari Rumah. Untuk proses pendaftarannya juga mudah tinggal datang saja ke Customer Service.

Kelebihan Dari Internet Banking yang Diminati

Dengan kemudahan akses yang diberikan, membuat semua orang semakin menikmati menggunakan Internet Banking. Kemudahan tersebut dibuktikan saat Anda ingin transfer uang tetapi, Teller sudah tutup dan bank sangat jauh.

Daripada menunggu hari berikutnya sementara, kebutuhannya sangat mendesak. Langsung saja menggunakan Internet Banking. Uang yang Anda kirim langsung sampai tanpa menunggu hari. Tekan tombol kirim, maka uang secara otomatis masuk ke rekening penerima.

Keunggulan lainnya dari bertransaksi di E-Banking adalah gratis, Anda tidak akan dibebani biaya apa-apa. Sama halnya seperti transaksii ATM saat melakukan aktivitas. Hanya menggunakan Smartphone saja semua sudah bisa saja.

Bahkan, tidak perlu tempat khusus, bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Dengan akses menggunakan E-banking sebenarnya, pihak bank sendiri juga ikut untung karena, tidak perlu biaya operasional tambahan.

Selain itu, semua keluhan dan permasalahan bisa langsung tertasi dengan mudah dengan hadirnya Customer Service Online. Keluhan dapat disampaikan dengan segara, selain itu prosesnya juga cukup cepat.

Laporan tersebut sudah langsung masuk dan akan ditangani segera. Bahkan, semua proses bisa langsung diselesaikan saat itu juga. Mudah, cepat dan nyaman bukan menggunakan Internet Banking.

Kekurangan Dari Internet Banking

Tidak ada kelebihan tanpa kekurangan, dari berbagai macam kemudahan yang diberikan Anda harus perhatikan keamanan data. Karena, ada banyak hacker berkeliaran Tetapi, tidak perlu khawatir karena setiap bank punya kemanan tingkat tinggi.

Tetapi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan juga bila ada nomor asing yang meminta OTP sebagai kode akses. Harap jangan pernah diberikan atau dikasih. Walau itu menyangkut saudara atau bahkan, orang tua.

Saat ini penipuan mengenai modus OTP ini sudah cukup banyak. Jadi, sama saja sistem keamanan bank sangat bagus dan mumpuni. Tetapi, Anda sendiri lengah hasilnya tetap sama saja. Inilah kekurangan yang harus diperhatikan.

Saat pemberian nomor tersebut pelaku bisa mengambil seluruh uang. Walau tidak dapat mengaksesnya secara penuh. Tetapi, hal tersebut akan merugikan Anda bisa saja seluruh uang dikuras habis.

Perlu diketahui hal tersebut bukanlah tanggung jawab pihak bank. Jadi, semua uang yang terkuras tidak akan dikembalikan oleh bank karena, merupakan kesalahan Anda sendiri. Selain itu, kekurangan E-banking adalah masalah internet.

Di mana saat koneksinya kurang terlalu bagus maka, penggunaan teknologi ini juga sulit untuk digunakan.  Jadi, usahakan koneksinya berjalan lancar dan tidak boleh terputus koneksinya. Agar saat transaksi selalu berhasil.

Internet Banking memang memudahkan semua orang apalagi pebisnis yang membutuhkan waktu serba cepat dan mudah. Tetapi, Anda sendiri harus tetap berhati-hati karena, banyak penipuan yang mulai bermunculan.