in

Memilih Asuransi Kesehatan Untuk Keluarga, Begini Tipsnya

Bagikan Artikel Ini

Saat ini menjaga kesehatan bukan hanya melalui olahraga atau mengatur pola makan saja. Melainkan, mempersiapkan keuangannya pula. Tidak bisa dipungkiri bahwa, untuk kembali sembuh settiap orang membutuhkan biaya sangat mahal.

Bahkan, bisa menghabiskan seluruh harta Anda. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mempersiapkannya sejak sekarang. Hanya saja, sebelum Anda memilihnya cobalah simak dulu beberapa tips berikut ini, agar tidak salah atau menyesal di kemudian hari.

Hal pertama yang harus diketahui adalah memahami kebutuhan Anda terlebih dulu. Apa yang Anda inginkan serta butuhkan dalam mendaftar Asuransi. Sebenarnya, semua asuransi sangat bagus. Asalkan, perusahaannya juga bagus pula sehingga tidak jadi penipuan.

Tetapi, terlalu banyak asuransi bila dikhususkan sebagai wujud perlindungan dan investasi rasanya kurang bijak dan terlalu membuang uang. Anda bisa mengalihkannya ke tempat lain. Cenderung lebih bisa dimanfaatkan dengan baik untuk masa depan.

Oleh karena itu, coba lihat terlebih dulu apakah ada penyakit keturuna yang kemungkinan besar akan terjangkit. Contohnya, Ada anggota keluarga yang punya riwayat Jantung. Anda harus mempersiapkan diri bila nantinya akan memburuk.

Pilih yang programnya sesuai. Mulai dari kamar, bentuk cover, dan lain sebagainya. Bukan berarti Anda ingin keluarga akan menderita penyakit tersebut. Hanya saja sebagai benteng, upaya mengantisipasi sejak awal.

Melihat Program Asuransi

Cobalah lihat program yang ingin Anda kuti, apakah ada keuntungan lain yang bisa dimanfaatkan. Misalnya, ada program A dengan ketentuan, cover seluruh penyakit dan uang iuran tiap tahun akan dikembalikan di usia 70 tahun.

Saat ini, beberapa asuransi sudah memperhitungkan program semacam ini. Di mana, hal ini sangat menguntungkan. Uang Anda tidak hilang begitu saja, masih mendapatkan cover dan nantinya uang tersebut dapat berkembang lebih jauh.

Sayangnya, untuk bisa menikmatinya Anda harus mengeluarkan pembayaran yang cukup besar dibandingkan dengan  program yang lain. Tetapi, lebih menguntungkan karena, hampir setiap karyawan sudah dilengkapi dengan BPJS.

Lihat Anngaran Anda

Tips selanjutnya adalah lihat dulu bagaimana anggaran bulanan Anda. Perlu diingat, selalu sisihkan uang untuk hal yang tidak terduga, Seperti, saat Anda tinggal jauh dari keluarga. Ternyata mereka terkena musibah.

Anda harus berkunjung, bila semua dana habis untuk investasi asuransi pasti untuk datang ke sana akan sulit. Serta masih ada banyak lagi hal yang tidak terduga biasa terjadi dan saling mengiringi.

Oleh karena itu, setidaknya, alokasikan anggaran maksimal 30% atau Anda harus punya uang cadangan Rp500 ribu bila terjadi hal yang tidak diinginakan datang. Dengan begini, semua manfaat bisa Anda maksimalkan.

Kenali dan Pelajari Polis

Terkadang setaip customer service memberikan penjelasan yang sangat menarik kepada Anda hanya untuk mendapatkan keuntungan. Dengan Anda membelinya dan menjadi nasabah.

Hal ini menjadi salah satu bentuk penyesalan karena tidak teliti dalam melihat manfaat dan terkadang terkena rayuan hipnotis dari customer service. Oleh karena itu, cobalah perhatikan benar polis tersebut.

Mulai dari syarat dan ketentuan kemudian keuntungan hingga, metode yang mereka berikan. Bila perlu bawa pulang seluruh persyaratannya dan paami benar maksudnya, Bila memang kurang paham bisa ditanyakan atau baca berulang secara perlahan.

Termasuk pengajuan klaim apakah mudah atau sulit. Bila memang masih kurang percaya, Anda bisa melakukan sedikit riset kecil dengan berkunjung ke website serta melihat bagaimana ulasan mereka di berbagai platform.

Biaya kesehatan sangat penting apa lagi setiap tahunnya akan sangat mahal karena, bahan obat semakin langka dan virus juga berkembang pesat. Jadi, tidak ada salahnya mengikuti program asuransi hanya saja perhatikan dulu syarat dan ketentuan berlakunya.