in

Modal Utama Dalam Membangun Usaha, Uang Nomor Terakhir

Bagikan Artikel Ini

Membangun usaha merupakan keinginan semua orang. Hanya saja, mereka terkendala oleh satu hal yaitu, modal. Memang, menjalankan bisnis harus disertai dengan modal yang kuat dan  harus ada setiap saat.

Sayangnya, banyak yang masih salah dalam mengartikan kata, “modal”. Mereka selalu mengartikannya sebagai uang. Kalau dilihat dari ilmu bisnis dan kata para pakar, sebenarnya modal yang dimaksud bukan uang.

Memang, dana diperlukan untuk mengembangkan bisnis. Untuk mendapatkannya sekarang cukup mudah, ajukan pinjaman ke bang atau fintech sudah cair dalam waktu singkat. Hanya saja, permasalahan ini akan hadir nanti di urutan paling akhir.

Lalu, apa dulu yang harus dipersiapkan untuk membangun bisnis? Berikut, modal yang dibutuhkan dalam membangun usaha mulai dari awal, hingga mampu berkembang sukses seperti perusahaan lainnya

Niat dan Ilmu Pengetahuan

Niat serta tekad yang kuat menjadi poin penting untuk membangun bisnis. Tanpa keduanya, Anda akan kesulitan dalam banyak hal. Perlu diingat, dalam membangun usaha tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Banyak rintangan dan halangan harus dihadapi, bahkan saat jatuh harus naik kembali. Tanpa niat dan tekad tinggi, rasanya untuk terus mencoba sampai 1000 kali seperti, Thomas Alva Edison akan sulit tercapai.

Jangan hanya niat, Anda harus membekali diri pula dengan pengetahuan yang luas tentang, bisnis tersebut. Misalnya, ingin membuka usaha di bidang pariwisata yaitu tour and travel. Tuntutan yang disematkan kepada Anda adalah mengusai seluruh pariwisata di kota tersebut.

Bukan hanya dari Informasi objek wisata saja, melainkan secara keseluruhan. Mulai dari, tempat makan enak, murah, nyaman, instagramble. Jalan yang bisa dilalui dan masih banyak lagi. Pengetahuan ini harus bisa diluar kepala.

Bukan hanya soal wisata saja, di luar itu juga harus mahir Contohnya, pandai di bidang IT. Anda dapat menyatukan keduanya menjadi Tour and Travel digital. Serta pengetahuan lainnya tentang bisnis. Siapa tahu, dari sana ada inspirasi yang bisa digunakan untuk mengembangkannya.

Keahlian dan Keberanian Dalam Mengambil Keputusan

Seorang ahli mendapatkan keuntungan mengetahui segalanya. Begitu pula dengan membangun bisnis. Anda harus tahu segalanya, termasuk risiko dan alasan mengapa bisa tidak ada pengunjung yang datang.

Jangan hanya ahli, harus juga disertai dengan keberanian. Saat langkah dan metode tersebut di ambil lihat bagaimana risikonya. Kalau harus mengejar 20% lagi lanjutkan saja. Keberanian dalam melakukan tindakan saat karyawan melakukan kesalahan.

Anda harus menegurnya beri hukuman sesuai dengan berat atau ringannya melakukan kesalahann. Keberanian juga ditampilkan dengan berani menjadi pembeda di tengah tren yang sedang terjadi.

Konsep, Kreativitas, dan Inovasi

Modal lain yang harus ada dalam membangun bisnis adalah mempunyai konsep, kreativitas serta invoasi. Ketiga poin ini bisa membuat Anda mampu meraih kesuksesan. Kreativitas dan inovasi menjadi satu kesatuan yang membuat usaha tersebut sangat unik di mata pelanggan.

Perlu diingat, konsumen membutuhkan sesuatu yang baru. Misalnya, ada kopi hitam rasa teh hijau, terdengar unik, aneh dan tidak mungkin. Saat dicoba, rasanya begitu luar biasa. Dari sini mereka akan berbondong-bondong datang.

Sementara, konsep disini lebih ke bagaimana seorang pengusaha mampu menarik orang dan membuatnya berpindah. Dari kebiasaan menikmati produk A beralih ke produk Anda sendiri. Hal itu sangat sulit, apalagi kalau mereka sudah merasa nyaman dan berkhasiat.

Baru, setelah Anda mempunyai semua ini memikirkan bagaimana mendapatkan uang. Bisa dengan pribadi, atau mengajukan proposal ke investor. Harus diingat, mereka tidak peduli siapa Anda.

Paling penting adalah bisnis yang dibiayainya selalu untung dan untung. Untuk itu, Anda harus mematangkan semua konsep, inovasi, kreatifitas dan keberanian. Siapkan pula beberapa rencana cadangan agar, tidak kebingungan kalau terjadi hal yang tidak diinginkan.

Bagaimana, sudah siap untuk membuka bisnis Anda sendiri? Uang bukan menjadi modal utama. Orang mampu meraih kesuksesan, Karena, meraka tahu apa yang harus dilakukan walau dalam posisi terjepit sekalipun.