in

Tips Menjadi Pemandu Wisata Lokal

Tips Menjadi Pemandu Wisata Lokal
Bagikan Artikel Ini

Sebentar lagi bisnis pariwisata akan kembali bangkit. Kebayang kan, setelah berbulan-bulan di rumah, semua orang pasti udah ‘gatel’ pengin jalan-jalan. Selain tempat wisata yang sudah populer, tempat wisata yang sebelumnya tidak terlalu ramai diperkirakan akan ikut ramai dikunjungi. Apakah di daerah kamu ada tempat wisata yang punya potensi? Ini bisa jadi kesempatan bagi kamu menjadi pemandu wisata lokal loh. Simak tipsnya berikut, yuk!

1. Belajar dan kuasai destinasi

Setelah menentukan destinasi wisata favorit yang menjadi pilihan kamu, pelajari segala informasi yang berhubungan dengan tempat itu. Misalnya, destinasi wisatanya adalah sebuah bukit yang bisa menjadi lokasi hiking. Kamu harus tahu berapa ketinggiannya, ada berapa jalur yang bisa dipilih untuk hiking, dan apa saja yang bisa ditemui di sepanjang jalur-jalur itu. Jangan lupa selipkan juga informasi tambahan supaya lebih menarik ya. Misalnya, tempat-tempat tersembunyi yang jarang dikunjungi tapi nggak kalah bagus.

2. Kuasai bahasa asli destinasi

Nggak harus fasih, tapi kamu bisa mempelajari beberapa kalimat sederhana yang bisa digunakan sehari-hari. Kemampuan ini akan mempermudah kalau kamu harus berkomunikasi dengan warga sekitar saat memandu.

3. Persiapan mental dan fisik

Saat menjadi pemandu wisata, kamu akan bertemu dengan banyak orang dengan berbagai kepribadian. Walau nggak semuanya menyenangkan, tentunya kamu harus mampu menghadapi mereka dengan sopan dan sabar. Karena mereka tetaplah pelanggan kamu dan pelanggan adalah raja, bukan? Makanya, penting untuk mempersiapkan mental dan fisik. Apalagi kalau kamu memandu untuk menikmati keindahan alam. Dan jangan lupa jaga agar penampilan kamu baik dan bersih.

Jika memungkinkan, kamu bisa mengikuti kelas untuk mendapatkan lisensi atau pelatihan untuk menjadi pemandu profesional.

Redaksi

Penulis: Redaksi

Silakan kirim artikel cerita tentang seseorang dari daerah anda untuk diterbitkan di Cerita Rakyat - Jagoan Lokal ke: redaksi@ceritarakyat.net | Subject: Jagoan Lokal – [Judul artikel] | Lampirkan juga profil singkat dan foto terbaru anda.