in

Tips Perawatan Ikan Nila Agar Jadi Jutawan

Bagikan Artikel Ini

Salah satu menu makanan yang paing disukai oleh semua orang adalah Ikan Nila. Di mana banyak warung kaki lima menjualnya dengan cara digoreng, bakar, atau penambahan bumbu seperti, asam manis, bumbu rujak, dan masih banyak lagi. Kenyataan ini membuat para pengusaha mulai giat dalam melakukan budidaya.

Untuk memulainya memang tidak mudah tetapi, jauh dari kata sulit bila harus dikerjakan. Melakukan budidaya bisa menjadi salah satu langkah terbaik untuk mendatangkan banyak uang. Hanya saja, Anda harus mengetahui beberapa hal terlebih dulu seperti, pemilihan tempat lokasi.

Hal ini sangat penting untuk diperhatikan karena, menjadi salah satu tahapan agar Ikan ini bisa tumbuh dengan baik. Ada berbagai macam persyaratan yang harus dipenuhi terlebih dulu seperti,  Dinding kolam harus terbuat dari tanah liat yang mempunyai sifat tahan terhadap air.

Usahakan kemiringannya mencapai 3% sampai 5%, untuk air usahakan jangan sampai keruh serta tidak terkontaminasi dengan berbagai bahan kimia atau campuran lainnya. pH Netral sekitar 6,5 sampai 8,5 dengan suhu kurang lebih 30 derajat. Debit air saat dalam keadaan tenang sekitar 8 sampai 15 liter/detik.

Lakukan Dulu Pengolahan Saat Ternak Ikan 

Mulai dari sekarang cobalah untuk melakukan pengolahan dalam kolam terlebih dulu sebelum memasukkan hewan satu ini. Ada beberapa tahapan harus Anda jalani seperti, Mengeringkan dasar kolam dan bersihkan jamur, bila ada sisa rumput jangan lupa untuk dicabut atau diambil.

Pasangan pada keluar dan masuk dengan saringan, agar hama bisa menghilang untuk selamanya jangan lupa taburkan dulu kapur pertanian. Fungsi kapur ini juga digunakan sebagai salah satu cara dalam menyuburkan tanah. Tambahkan pupuk kandang, campurkan dengan tanah.

Jangan lupa sebarkan pula di depan pintu air masuk sebagai langkah pertumbuhan dari fitoplankton sebagai makanan alami dari Ikan Nila. Walaupun, sudah banyak makanan untuk mereka tetapi, fitoplankton tetap disuakai oleh Ikan Nila. Selanjutnya, tambahkan air dengan kedalaman 5 sampai 10 cm.

Sebelum Ikan tersebut Anda masukkan ke dalam kolam, tunggu dulu setidaknya 2 sampai 3 hari. Baru tambahkan kembali hingga 100 cm. Setelah semuanya sudah siap saatnya mulai penebaran dari berbagai macam bibit Ikan Nila.

Memulai Pembibitan Ikan Nila

Dalam pembibitan ini ada dua langkah bisa ditempuh pertama, langsung dari indukan Ikan. Kedua, adalah membelinya langsung dari Ikan. Bila Anda harus memilih cara kedua, pastikan dulu bahwa bibit tersebut adalah terbaik. Usahakan perhatikan dulu indukannya seperti apa.

Anak tidak akan jauh berbeda dengan induknya oleh karena itu, pastikan induk tersebut mempunyai kualitas terbaik. Pemilihan selanjutnya adalah jangan pernah memilih bibit mahal karena, bukan berarti kualitasnya akan bagus. Paling penting adalah bibitnya itu sendiri walau, murah asalkan bagus tetap tidak masalah.

Lebih disarankan untuk memilih warna yang sama usahakan pula beratnya kurang lebih 30 gram. Selanjutnya, masuk dalam tahap perawatan hingga panen. Dalam tahap ini  jangan lupa memberikannya makan setidaknya 2 sampai 3 hari sekali. Dengan kualitas pelet paling tinggi.

Jangan lupa memastikan ketinggian kolam maksimal 100 cm. Panen Ikan Nila kurang lebih 3 sampai 6 bulan dengan berta mencapai 500 gram atau bahkan lebih. Anda dapat memanennya menggunakan jaring.

Budidaya Ikan Nila ini memang cukup mudah, hasilnya juga lebih baik dibandingkan lainnya. Hanya saja, Anda harus paham dengan benar bagaimana caranya untuk membudidayakannya mulai dari awal sampai tahap panen. Bagaimana, tergiur untuk mencobanya dan menjadi jutawan selanjutnya?