in

Usaha Anda Bangkrut? Jangan Menyerah, Ayo Bangkit!

Bagikan Artikel Ini

Apa yang terjadi bila usaha Anda bangkrut? Hal seperti ini, pasti pernah dialami oleh semua pengusaha. Di mana mereka merasakan titik terendah. Semua yang sudah dilakukan seperti menemui jalan buntu. Hingga akhirnya, usaha yang selama ini sudah dirintis harus gulung tikar begitu saja.

Proses ini pasti terasa menyakitkan. Apalagi, kalau Anda sudah merintisnya dengan penuh perjuangan dan berjalan beberapa tahun silam. Lalu, apa yang bisa dilakukan? Tetap semangat dan jangan pernah menyerah. Dua kata kunci tersebut harus ada terlebih dulu dalam benak Anda.

Bila tidak, maka akan sulit untuk berdiri kembali dan membangunnya lagi dari awal. Biasanya, rasa tidak percaya diri akan menghantui serta takut gagal untuk kesekian kalinya. Hal seperti ini memang wajar terjadi. Oleh karena itu, coba perhatikan beberapa langkah tepat Agar Anda bisa move on dari gulung tikar usaha.

Menerima Kenyataan dan Lupakan Masa Lalu

Meiiah kata semangat dan pantang menyerah ini Anda harus melakukan sebuah pola pemikiran yaitu menerima dengan lapang dada. Tanamkan pada diri bahwa, semua yang terjadi ini bukan sebuah hukuman melainkan pelajaran. Coba kupas apa saja yang membuat Anda bangkrut. Mulai dari awal sampai akhir.

Sehingga, bisa melupakan masa lalu dan meraih kembali masa depan. Untuk mengupas kesalahan jangan lupa lepas dulu ego yang ada dalam diri. Misalnya, ada kesalahan karena tidak mencatat keuangan. Pahami itu sebagai sebuah kesalahan jangan membiarkannya dan menganggap perilaku tersebut adalah wajar.

Setelah menulis semua kesalahan, cobalah renungkan dalam diri apakah Anda bisa mengubahnya atau akan sama saja. Hal tersebut dapat menentukan langkah kedepan. Bila memang mampu mengubah, lanjutkan kembali usaha. Tetapi, jika masih sulit untuk melakukan perubahan tersebut. Lebih baik bekerja dulu untuk orang lain.

Karena, kesalahan yang sama akan menimbulkan kegagalan yang sama pula. Bahkan, untuk kedua kalinya perasaannya akan lebih jatuh. Kerugian pasti bertambah besar dan kata orang lain akan bertambah pedas. Pahami dan sadari hal tersebut sebagai bagian dari penyemangat diri. Selanjutnya adalah coba lihat perkembangan orang lain.

Melihat Bagaimana Trik Sukses Orang Lain

Mungkin, menjadi diri sendiri lebih baik. Tetapi, melihat perkembangan orang lain dan mencoba mengadopsinya sesuai dengan karakter Anda pasti jauh lebih baik. Jadi, lihat dulu bagaimana cara mereka bisa sukses. Pelajari selengkapnya, bila ceritanya menarik dan menyenangkan semua, tidak ada salahnya cari berita terburuk yang pernah mereka alami.

Referensi terbaik adalah tokoh dunia yang saat ini sukses dengan beragai teknologi hingga kekayaannya yang hampir tidak terhingga. Gunakan referensi tersebut sebagai acuan bahwa hidup harus terjatuh dulu sebelum bisa sukses. Perlu diingat tentang filosofi pendaki. Mereka akan terus mendaki sampai titik puncak dan melihat keindahan.

Tidak peduli dalam perjalanannya bertemu babi hutan atau terjatuh hinga, kaki berdarah. Demi Puncak terindah mereka rela memberikan semua kekuatan dan waktunya. Dari filosofi inilah Anda harus bisa sadar. Bahwa, untuk meraih kesuksesan itu tidak mudah. Setelah muncul kepercayaan diri kembali, lakukan dari yang kecil terlebih dulu.

Bila rasa takut dan bersalah itu muncul. Ingat kembali tentang filosofi mendaki gunung. Bila perlu unggah video tentang pendaki lalu lihat berulang-ulang. Sampai Anda merasa yakin dengan jalan yang ditempuh. Jangan lupa perkaya ilmu dengan terus belajar mula dari cara serta teknik atau pola yang tepat.

Usaha bangkrut memang tidak menyenangkan. Apa lagi perusahaan itu merupakan warisan keluarga atau sudah lama berdiri. Hanya saja, jangan terlalu menyesali karena, tidak akan kembali. Cukup meratapi sejenak namun Anda sudah harus bangkit kembali. Belajar dari hal kecil dulu bukan hanya dari buku tetapi, pengalaman orang lain juga perlu.